Dampak Pengembangan Kebijakan City Branding “Ngawi Ramah” terhadap Realisasi Investasi di Kabupaten Ngawi

Khoyrul Anwar(1 ), Istiana Wijayanti Mala(2)

(1) Ilmu Administrasi Negara, Universitas Soerjo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur
(2) Ilmu Manajemen, Universitas Soerjo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur
() Korespondensi Penulis
Abstrak Dilihat: 770 , PDF Unduh: 352
Kata Kunci: citra kota, investasi, kebijakan, ngawi

Abstrak

Kabupaten Ngawi menerapkan kebijakan city branding melalui slogan “Ngawi Ramah” yang awalnya hanya bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Kemudian kebijakan tersebut dikembangkan lagi untuk menarik dan mendatangkan investasi. Strategi yang diambil ialah dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi para investor khususnya dalam hal layanan pengurusan izin usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kebijakan city branding terhadap capaian realisasi investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsitif kualitatif. Pengumpulan data  dilakukan  melalui wawancara dan telaah dokumen. Analisa data dilakukan secara interaktif melalui tahapan: pengumpulan, penilaian, interpretasi, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kebijakan city branding “Ngawi Ramah” melalui berbagai inovasi layanan yang ditawarkan telah berhasil menarik investor untuk melakukan investasi, sehingga berdampak pada tercapainya kinerja realisasi investasi yang cenderung semakin naik disetiap tahunnya. Kebijakan ini dirasa telah mampu meningkatkan realiasi investasi, namun demikian seluruh jajaran satuan kerja yang ada di Kabupaten Ngawi tetap perlu terus melakukan pemasaran yang lebih kuat, masif dan meluas, serta juga meningkatan komitmen dan juga kreativitas dalam menyusun berbagai program agar kebijakan city branding semakin terwujud dan lebih dapat menjual potensi Kabupaten Ngawi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anom, I Putu, & Mahagangga, I Gusti Agung Oka. Handbook Ilmu Pariwisata Karakter dan Prospek. Jakarta: Prenada Media, 2019.

Ashari, Briantama Afiq. Slogan Ngawi Ramah. https://www.kompasiana.com/briantama/61475b0b01019050b94e9c32/slogan-ngawi-ramah, Kompasiana, 2021.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi. Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Domestik di Kabupaten Ngawi 2011-2013. https://ngawikab.bps.go.id/indicator/16/143/2/jumlah-wisatawan-mancanegara-dan-domestik-di-kabupaten-ngawi.html, Ngawi: BPS, 2013.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi. Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Domestik di Kabupaten Ngawi 2015-2017. https://ngawikab.bps.go.id/indicator/16/143/1/jumlah-wisatawan-mancanegara-dan-domestik-di-kabupaten-ngawi.html, Ngawi: BPS, 2017.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi. Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Ngawi 2022. https://ngawikab.bps.go.id/pressrelease/2023/03/10/49/pertumbuhan-ekonomi-kabupaten-ngawi-2022.html#:~:text=Abstraksi&text=Perekonomian%20Ngawi%20berdasarkan%20besaran%20Produk,mencapai%20Rp%2014%2C26%20triliun, Ngawi: BPS Kabupaten Ngawi, 2022.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ngawi. Realization Data of Non-Facilities PMDN Based on Month In Ngawi Regency 2014-2017. Ngawi: DPMPTSP Kabupaten Ngawi, 2017.

Fahri, Johan & M. Ahmad, Fichriyanto. "City Branding Kota Ternate." Society 9, no. 1 (2021): 264-275.

Jannah, Bidriatul. "Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Banyuwangi." Jurnal Administrasi Bisnis 17, no. 1 (2014).

Lestari, R. B. "Membangun Citra Sebuah Kota dalam Persaingan Global Melalui City Branding." Junal Ilmiah STIE Multi Data Palembang 5, no. 1 (2016): 68–79.

Luthfi, Adhiimsyah & Widyaningrat, Aldila Intaniar. "Konsep City Branding Sebuah Pendekatan “The City Brand Hexagon” Pada Pembentukan Identitas Kota." Seminar Nasional Managemen dan Bisnis III . Jember: UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018, 2018. 315-323.

Mantiri, Maurits. "Analisis City Branding Kota Bitung Dalam Menarik Investor dan Wisatawan." Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen 6, no. 1 (2018): 43-62.

Padang, Faisal & Husna, Asmaul., Fahrimal, Yuhdi. "Penerapan City Branding Kota Subulussalam dalam Mewujudkan Kota Santri di Provinsi Aceh." Jurnal Common 5, no. 2 (2021): 165-177.

Pandansari, Dyah Ayu & Purnomo, EP., Kasiwi, AN. "Dinamika City Branding Kota Surakarta Dalam Menarik Minat Berkunjung Wisatawan." Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja 46, no. 1 (2020): 242 - 254.

Prabainastu, Harsacitta. "Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Denpasar." Jurnal Destinasi Pariwisata 8, no. 2 (2020): 184-188.

Saleh, Sirajuddin. Analisi Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan, 2019.

Satria, Firmanda & Fadillah. "Konsep City Branding dan Identifikasi Nilai Lokal pada Kota-Kota Indonesia dalam Mendukung Nation Branding Indonesia." Jurnal Desain 8, no. 2 (2021): 147-158.

Solong, Aras & Muliadi. "Inovasi Pelayanan Publik." JAQ Al Qisthi Jurnal Sosial dan Politik (Stisip Publising) 10, no. 2 (2020): 76-86.

Sugiono. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Wahab, Taufiq & Pradita, Alvia Nora. "Perancangan City Branding Kota Ngawi Melalui Wisata Sejarah." Universitas Telkom. Bandung: eProceedings of Art & Design, 2017. 559-566.
Diterbitkan
2023-12-29
Bagaimana Mensitasi
Anwar, K., & Mala, I. W. (2023). Dampak Pengembangan Kebijakan City Branding “Ngawi Ramah” terhadap Realisasi Investasi di Kabupaten Ngawi. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 6(2), 134-142. https://doi.org/https://doi.org/10.46774/pptk.v6i2.542