DESAIN NOISE BARRIER LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PALEMBANG UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEBISINGAN
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh LRT kota Palembang saat melintas jika dibandingkan dengan standar yang berlaku sesuai keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 48/MENLH/11/1996 Republik dan standar World Health Organization (WHO). Kemudian, untuk mengetahui peta paparan pengaruh kebisingan terhadap sekitar area rel LRT Palembang dan untuk merekomendasikan desain barrier yang efektif dalam mengurangi kebisingan LRT saat melintas. Pengambilan data dilakukan di 3 lokasi yaitu 2 lokasi tikungan LRT Kota Palembang di Jl. Jend. Sudirman dan Jl. Demang Lebar Daun serta 1 lokasi lurus yaitu di Jl. A. Rivai. Dari hasil analisis, tingkat kebisingan tertinggi saat LRT melintas terdapat pada area tikungan sebesar 91, 68327 dBA. Semua nilai kebisingan yang didapat dalam analisis peta paparan pada jarak terjauh yang masih dijangkau dalam analisis juga menunjukkan nilai yang masih sangat tinggi. Dalam penelitian menunjukkan bahwa desain barrier yang paling direkomendasikan dalam mengurangi tingkat kebisingan LRT adalah material polycarbonate dengan massa jenis 14 kg/m2, tebal 12 mm dan nilai transmission loss 33 dBA. Material ini memiliki tebal yang tipis dan massa jenis yang rendah serta memiliki nilai transmission loss yang besar, sehingga material ini lebih tipis, ringan dan dapat mereduksi kebisingan yang lebih besar dibandingkan material lainnya yaitu, dengan nilai kebisingan setelah direduksi sebesar 58.68327 dBA.
Unduhan
Referensi
Awad Khidir, Elwaleed, Zambri Harun, Mohd Jailani Mohd Nor, Muhamad Razi. 2012, Desember. A Comparative Study of Sound Transmission Loss Provided by Glass, Acrylic and Polycarbonate. Jurnal Teknologi Universitas Teknologi Malaysia. Vol 60, 1-4.
Bronzaft, A. 2017, May. Impact of Noise on Health: The Divide between Policy and Science. Open Journal of Social Sciences. Vol (5), 108-120.
Highways Department of Hongkong (HDH). 2003. Guidelines On Design of Noise Barriers.
Hustim, M dkk. 2020, September. Noise Mitigation Based On Noise Barrier For Railway Makassar – Parepare Line. IOP Conferences Series : Materials Science and Engineering. Vol 933.
K. Lokhande, Satish dkk. 2021, Juni. A Short Review of Road Noise Barriers Focusing on Ecological Approaches. International Journal of Engineering and Technology Sciences. Vol (1), 17.
Kumar Mishar, Rajeev, Kartik Nair, Kiranti Kumar, Ankita Shukla. 2021, Januari. Dynamic Noise Mapping of Road Traffic in Urban City. Arabian Journal of Geosciences. Vol (4), 122.
Maheswaran, K, Nishant George Serrao, S. Senthil Murugan, T. Prabaharan. 2020. Acoustic Level Measurment By Noise Mapping Method and Mitigation Using Acoustic Plaster In Power Press Industry. International Journal of Advanced Sciences and Technology. Vol 29(7), 11200-11207.
Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (1996). Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996. Tentang Baku Tingkat Kebisingan. Jakarta.
Kesten, S dkk. 2020, November. Acoustic And Structural Design of a Highway Noise Barrier. IOP onference Series : Materials Science and Engineering. Vol 80.
Pedoman Konstruksi dan Bangunan Republik Indonesia (2005). Mitigasi Dampak Kebisingan Akibat Lalu Lintas Jalan. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Petri, Davide, Gaetano Licitra, Maria Angela Vigotti, Luca Fredianelli. 2021, Agustus. Effects of Exposure to Road, Railway, Airport, and Recreational Noise on Blood Pressure and Hypertension. International Journal of Eniromental Research and Public Health. Vol 18, 9145.
Smith, M.G, dkk. 2017, Mei. Physiological Effects of Railway Vibration and noise on Sleep. The Journal of The Acoustical Society of America. Vol 141 (5), 3262 -3269.
Sohrabi, Shahin, Teresa Pamies, J. Romeu. 2020, September. Suistability of Active Noise Barriers for Construction Sites. Vol 10 (18).