PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UNTUK PENINGKATAN NILAI EKONOMI PRODUK (STUDI KASUS:DEWAPONIK YOGYAKARTA)

Doni Sahat Tua Manalu(1 ), Yesika Ardi Tiofani(2), Ayu Gupita Sari(3)

(1) Sekolah Vokasi IPB University
(2) Sekolah Vokasi IPB University, Jawa Barat, Indonesia
(3) Sekolah Vokasi IPB University, Jawa Barat, Indonesia
() Korespondensi Penulis
Abstrak Dilihat: 284 , PDF Unduh: 120
Kata Kunci: Business Model Canvas, Dewaponik, Hampers, Pendapatan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan dan menyusun ide perencanaan bisnis yang berfokus pada peningkatan nilai ekonomi produk dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) di Dewaponik Yogyakarta. Ditinjau berdasarkan sembilan elemen pada Business Model Canvas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data primer dan data sekunder dikumpulkan melalui proses wawancara dan pencatatan. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang kondisi bisnis pada Dewaponik dan beberapa rekomendasi yang dapat disarankan dilihat dari sembilan segmen pada Customer segments  berupa perluasan pasar terhadap konsumen di wilayah Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya,  dengan menambahkan Tiktok dalam kegiatan pemasaran pada  Key  Acitvites,  penggunaan sosial media pada  Channels,  memberikan kemudahan konsumen dalam mengakses informasi dan promosi pada  Value Proposition, bertambahnya tempat untuk memberikan informasi dan promosi pada Customer Relationships, penambahan sumber daya manusia pada  Key Resources, penambahan serta peningkatan mitra pada  Key Partnerships, peningkatan penjualan sayur hidroponik pada Revenue Streams, pembukuan keuangan yang digunakan yaitu analisis laba rugi dan R/C Ratio pada Cost Structure. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh bahwa terjadi peningkatan pendapatan di Dewaponik Yogyakarta.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hendra, Heru Agus, and Agus Andoko. 2014. Bertani Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm. PT. AgroMedia Pustaka.
Herwibowo, Kunto, and N.S Budiana. 2014. Hidroponik Sayuran. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.
Muljono, Ryan Kristo. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurmalina, Rita, Tintin Sarianti, and Arif Karyadi. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.
Osterwalder, Alexander, Natalia Ruth Sihandrini, and Yves Pigneur. 2012. Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rosita, Rahmi. 2020. “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia.” Jurnal Lentera Bisnis 9 (2): 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380.
Sawitri, Dyah, and Endang Suswati. 2019. “Strategy for Diversifying Typical Snacks of Trenggalek Products to Increase Competitiveness in the Era of SDGs by Using Business Model Canvas” 12 (2). https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.52.
Sitepu, Rasidin K, and Veralianta Br Sebayang. 2019. Metode Kuantitatif Untuk Manajemen. Bogor: CV. Sinar Jaya.
Susanto, A. 2013. “Penggunaan Web Sebagai Salah Satu Pendukung Strategi Pemasaran Produk Oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri Batu.” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 5 (2): 76459.
Taipale-Erävala, Kyllikki, Erno Salmela, and Hannele Lampela. 2020. “Towards a New Business Model Canvas for Platform Businesses in Two-Sided Markets.” Journal of Business Models 8 (3): 107–25.
Diterbitkan
2022-12-30
Bagaimana Mensitasi
Manalu, D., Tiofani, Y., & Sari, A. (2022). PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UNTUK PENINGKATAN NILAI EKONOMI PRODUK (STUDI KASUS:DEWAPONIK YOGYAKARTA). Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46774/pptk.v5i2.493