STRATEGI PEMASARAN BUAH NAGA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DI PT.TRISNA NAGA ASIH KABUPATEN SUBANG

Doni Sahat Tua Manalu(1 ), Indah Maulina Utami(2)

(1) Sekolah Vokasi IPB University
(2) Sekolah Vokasi IPB University, Jawa Barat, Indonesia
() Korespondensi Penulis
Abstrak Dilihat: 75 , PDF Unduh: 66
Kata Kunci: Buah Naga, Business Model Canvas, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menyusun ide perencanaan bisnis yaitu strategi pemasaran buah naga dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) di PT Trisna Naga Asih, yang ditinjau berdasarkan 9 elemen Business Model Canvas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Data primer dan data sekunder yang diperlukan, dikumpulkan dengan teknik wawancara dan pencatatan. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang kondisi bisnis PT Trisna Naga Asih saat ini dan beberapa rekomendasi yang disarankan dilihat dari perubahan 9 elemen yang terjadi Customer segments berupa perluasan pasar pada konsumen Jawa Barat, dengan menambahkan media website dalam proses kegiatan pemasaran pada Key Acitvites, penggunaan media sosial dan website pada Channels, mempermudah konsumen dalam mengakses informasi dan promosi produk pada Value Proposition, bertambahnya wadah untuk memberi infomasi dan promosi pada Customer Relationships, penambahan tenaga kerja pada Key Resources, penambahan serta peningkatan mitra pada Key Partenrships, peningkatan penjualan komoditas buah naga merah dan buah naga kuning pada Revenue Streams, adanya pembukuan keuangan yang digunakan yaitu analisis laba rugi dan R/C Ratio pada Cost Structure.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Author Biography

Indah Maulina Utami, Sekolah Vokasi IPB University, Jawa Barat, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menyusun ide perencanaan bisnis yaitu strategi pemasaran buah naga dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) di PT Trisna Naga Asih, yang ditinjau berdasarkan 9 elemen Business Model Canvas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Data primer dan data sekunder yang diperlukan, dikumpulkan dengan teknik wawancara dan pencatatan. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang kondisi bisnis PT Trisna Naga Asih saat ini dan beberapa rekomendasi yang disarankan dilihat dari perubahan 9 elemen yang terjadi Customer segments berupa perluasan pasar pada konsumen Jawa Barat, dengan menambahkan media website dalam proses kegiatan pemasaran pada Key Acitvites, penggunaan media sosial dan website pada Channels, mempermudah konsumen dalam mengakses informasi dan promosi produk pada Value Proposition, bertambahnya wadah untuk memberi infomasi dan promosi pada Customer Relationships, penambahan tenaga kerja pada Key Resources, penambahan serta peningkatan mitra pada Key Partenrships, peningkatan penjualan komoditas buah naga merah dan buah naga kuning pada Revenue Streams, adanya pembukuan keuangan yang digunakan yaitu analisis laba rugi dan R/C Ratio pada Cost Structure.

Referensi

Arianto, Bambang. 2020. “Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19”. Administrasi Bisnis 6.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, APJII. 2020. “Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet Di Indonesia Bagian Penting Dari Transformasi Digital”. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. [Online]. Available: https://kominfo.go.id

Badan Pusat Statistik (BPS). 2020. “Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota 2018-2020”. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. [Online]. Available: https://jabar.bps.go.id

Bhatti, Anam, Hamza Akram, Hafiz Muhammad Basit, Ahmed Usman Khan, Syeda Mahwish, Raza Naqvi, and Muhammad Bilal. 2020. “E-Commerce Trends during COVID-19 Pandemic”. International Journal of Future Generation Communication and Networking 13 (2).

BPS. 2017. “Konsumsi Buah Dan Sayur per Kapita Sehari Di Daerah Perkotaan Dan Pedesaan”. Badan Pusat Statistik. [Online]. Available: https://docs.wfp.org/api/documents/WFP-0000024091/download/?_ga=2.20936048.937089387.15123576601786263564.1512357660.

Hartanti, Hartanti, and Rina Oktiyani. 2020. “Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing”. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 4 (2): 183-190.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran”. 13th ed. Jakarta: Erlangga.
Kurniadin, Rohmad, and Wandah Wibawanto. 2019. “Perancangan Website Sebagai Media Promosi UMKM Dream Shoe Semarang”. Seni Rupa 8 (2): 109–20.

Kurniawan, Fikri. 2021. “Pengguna Website Di Indonesia Naik 61,6% Sepanjang 2020”. Sindonews. [Online]. Available: https://tekno.sindonews.com/read/389902/207/pengguna-website-di-indonesia-naik-616-sepanjang-2020-1617800664.

Mubarak, Rahyan Arfi, and Lies Sulistyowati. 2020. “Manfaat Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Puree Mangga (Studi Kasus Pada CV. Promindo Utama Di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 7 (1): 272-287.

Nurmalina, Rita, Tintin Sarianti, and Arif Karyadi. 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 11 (2): 46-53.

Putlia, Grace, and Cecilia Aurel Alphin. 2021. “Strategi Pemasaran Untuk Industri FMCG Pada Era Covid-19.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 5 (1): 24-30.

Rahayu, Sri. 2014. “Budidaya Buah Naga Cepat Panen”. Depok: Infra Hijau.

Ramadhan, Farhan, and Lusi Fajarita. 2020. “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms)”. IDEALIS: Indonesia Journal Information System 3 (1): 251-259.

Rizal, Adam. 2021. “Rata-Rata Orang Indonesia Habiskan 3 Jam Untuk Main Media Sosial”. Kompas Gramedia. [Online]. Available: https://infokomputer.grid.id/read/122572616/rata-rata-orang-indonesia-habiskan-3-jam-untuk-main-media-sosial.

Sitepu, Rasidin K, and VB Sebayang. 2019. “Metode Kuantitatif Untuk Manajemen”. Edited by Uding Sastrawan. Bogor: CV. Sinar Jaya.

Soekartawi. 2016. “Analisis Usahatani”. Jakarta: UI - Press.
Diterbitkan
2021-12-30
Bagaimana Mensitasi
Manalu, D., & Utami, I. (2021). STRATEGI PEMASARAN BUAH NAGA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DI PT.TRISNA NAGA ASIH KABUPATEN SUBANG. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(2), 85 - 91. https://doi.org/https://doi.org/10.46774/pptk.v4i2.447