PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG

;

Refi Elfira Yuliani(1), Heru Heru(2), Efni Lestiyani Sari(3 )

(1) Universitas Muhammadiyah Palembang
(2) Universitas Muhammadiyah Palembang
(3) SMA Negeri 19 Palembang
() Korespondensi Penulis
Abstrak Dilihat: 366 , PDF Unduh: 389
Kata Kunci: GeoGebra, TPACK, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra berbasis TPACK terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang.  Penelitian dilakukan di SMA  Negeri 19 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 19 Palembang kelas XII IPA Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari tujuh kelas, dan berjumlah sebanyak 251 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 4 sebanyak 33 orang siswa, yang diambil menggunakan metode Purposif sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-experimental design, dengan desain One Group Pretest-Postest Design (satu kelompok pretest-postes). Hasil pengolahan data diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,91 dan t-tabel adalah 2,01. Jika dibandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel maka nilai t-hitung > t-tabel, atau 4,91 > 2,01. Berdasarkan kriteria penerimaan atau penolakan Ho, maka Ho ditolak atau Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang secara signifikan. Ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi GeoGebra berbasis TPACK memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhirni, A & Mahmudi, A. 2016. “Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D Dan GeoGebra Pada Pembelajaran Geometri Ditinjau Dari Hasil Belajar Dan Motivasi.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 3 (2): 91–100. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922.

Atiyah, M. 2001. “Mathematics in the 20th Century: Geometri versus Algebra.” Mathematics Today 37 (2): 46–53.

Heru. 2018. “Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika SMP.” Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) 4: 198–206. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12771.

Hurrell, D. P. 2013. “What Teachers Need to Know to Teach Mathematics: An Argument for a Reconceptualised Model.” Australian Journal of Teacher Education 38 (11): 54–64.

Junaidi. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Aplikasi GeoGebra Di SMP Negeri 1 MILA.” Jurnal Numeracy 5 (2): 184–95.

National Council Of Teachers Of Mathematics. 2000. “Principles and Standards for School Mathematics.” School Science and Mathematics.

Rosyd, A. 2016. “Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era MEA.” In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 446–54.

Saputro B.A., Prayito Muhammad, & Farida Nursyahidah. 2015. GeoGebra: Media Pembelajaran Matematika Dinamis Di Sekolah. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Schmidt, Denise A., Evrim Baran, Ann D. Thompson, Punya Mishra, Matthew J. Koehler, and Tae S. Shin. 2009. “Technological Pedagogical Content Knowledge (Track): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers.” Journal of Research on Technology in Education 42 (2): 123–49. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782544.
Diterbitkan
2021-06-30
Bagaimana Mensitasi
Yuliani, R., Heru, H., & Sari, E. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 12-17. https://doi.org/https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.337