STRATEGI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PALEMBANG MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN

Dwi Maharani(1 )

(1) Universitas Bina Darma
() Korespondensi Penulis
Abstrak Dilihat: 714 , PDF Unduh: 544
Kata Kunci: RRI Palembang, Strategi, Minat, Pendengar

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Defisi Pemberitaan RRI untuk Mempertahankan Minat Pendengar di Era Digitalisasi Penyiaran. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian ini  membahas strategi pemberitan RRI terhadap Konten, Target Audience, Jam Siar, dan SDM. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Pusat Pemberitaan RRI, Reporter Pro 3 RRI, Penyiar Pro 3 RRI, dan Kontributor Pro 3 RRI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh strategi yang dilakukan RRI untuk mempertahankan minat pendengar dengan cara (1) membuat program yang melibatkan pendengar, yang mana pendengar dapat mengirimkan dan memberikan informasi kepada masyarakat atau disebut citizen journalism melalui RRI 30 Detik. (2) RRI melakukan siaran selama 24 jam dalam sehari. (3) RRI bekerja sama dengan Pusdiklat, membuat program reporter dan presenter unggulan serta mengadakan diskusi rutin dengan presenter dan reporter di lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkat kulaitas presenter dan reporter, yang mana tugas mereka langsung berhubungan dengan pendengar.Selain itu, dalam hal teknologi untuk memasuki era digitalisasi. (4)  RRI menciptakan tiga aplikasi berbasis sistem android dan iOS yang dapat diunduh google store dan Appstore antara lain RRI Play, Be Young, dan RRI 30 Detik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faizah, Nurul. 2015. “Transformasi RRI Dalam Era Konvergensi Media.” Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik RRI.

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. 2004: Remaja Rosdakarya.

Nuruddin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rohanudin, M. 2014. RRI Play Strategi Memenangkan Persaingan Global. Yogtakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo, anggota Ikapi.

RRI, LPP. 2011. “Smart Book Pemberitaan RRI.” LPP RRI, 2011.
Diterbitkan
2021-06-30
Bagaimana Mensitasi
Maharani, D. (2021). STRATEGI RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA) PALEMBANG MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.334