PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN OLGA DENGAN ELEMEN BRAND EQUITY

Hendrixon Hendrixon(1)

(1) Balitbangnovda Provinsi Sumatera Selatan
() Korespondensi Penulis
Abstrak Dilihat: 2364 , PDF Unduh: 1989
Kata Kunci: Strategi, Ekuitas merek, Merek, Pemasaran

Abstrak

Di Indonesia terdapat berbagai macam kemasan air minum mulai dari gelas, botol dan gallon yang memiliki merek dagang seperti Aqua, Vit, Club dan lain-lain dengan spesifikasi produk dan target konsumen yang berbeda. OLGA merupakan produk baru bagi pasar air minum dalam kemasan di kota Bandung. Agar bisa bersaing dengan produk sejenis, diperlukan merek yang kuat. Untuk membangun merek yang kuat, perlu dilakukan analisis elemen brand equity yang dapat menjadi landasan berguna bagi pihak OLGA untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data melalui kuesioner dengan cara wawancara langsung kepada 50 orang responden dengan cara sampel acak. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data brand awareness, data perceived quality dan data brand loyalty. Dari
hasil penelitian diperoleh nilai brand awareness air minum dalam kemasan OLGA adalah 4% brand recognition dan 96% brand unaware. Hasil penelitian atribut perceived quality OLGA prioritas yang harus diperbaiki adalah rasa air minum dalam kemasan dan kemudahan produk untuk didapatkan oleh konsumen. Hasil penelitian brand loyalty merek OLGA adalah loyal consumer 33% dan unloyal consumer 67%. Dari hasil elemen brand equity tersebut untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang merek OLGA diperlukan strategi new product terutama peningkatan promosi, kualitas dan distribusi produk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Aaker , David A., 1995. Building Strong Brands. The Free Press, New York USA
2. Aaker , David A., 1997. Managing Brand Equity. The Free Press, New York USA
3. Rangkuti, F, 2002. The Power of Brand. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
4. Keller, Lane, 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Prentice Hall 2nd edition, New Jersey USA
5. Durianto D., Sugiarto, Joko L. Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
6. Gavin,David A.,1998. Managing Quality. The Free Press, New York USA
7. Kotler , Philip, 2002. Marketing Management. Prentice Hall 11th edition, USA
8. Umar, H.,2005. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
9. Guilford, 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Pangsa Pasar, Riceka Cipta, Jakarta.
10. Stanton,William J., 2001. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
11. McClave, Benson, Sincich,2011. Statistics for Business and Economics. Pearson Education Inc 11th edition, USA
12. Waliulu, Zainul. 2007. Analisis Eleman Brand Equity Majalah GREY. Tugas Akhir, Fakultas Teknik Industri. Bandung: Institut Teknologi Nasional.
13. Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Andi Offset 2nd edisi, Yogyakarta
14. Nasution, S. 2003. Metode Research, Bumi Aksara, Jakarta.
15. Singarimbun M.dkk, 1989. Metode Penelitian Survei. Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta
16. Lembaga Ilmu Pengetahuan indonesia. 2012. Panduan Diklat Jabatan Fungsional Peneliti Tingkat Pertama. Jakarta: LIPI.
Diterbitkan
2020-07-01
Bagaimana Mensitasi
Hendrixon, H. (2020). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN OLGA DENGAN ELEMEN BRAND EQUITY. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46774/pptk.v7i1.253